Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kebudayaan Indonesia


Kebudayaan berdasarkan pancasila ialah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa.

Namun sekarang seiring berkembangnya zaman di indonesia telah terpengaruhi adanya perkembangan teknologi dan informasi yang mana telah merubah pola pikir masyarakat indonesia, yang sekarang telah mengalami era globalisasi yang mana masyarakat indonesia mulai meninggalkan kebudayaan indonesia, yang paling sederhana ialah masyarakat indonesia telah lebih memilih tinggal di rumah yang terbuat dari batu bata yang semula nenek moyang kita memakai rumah adat yang terbuat dari bambu atau kayu sebagai tempat tinggalnya,terlebih makin banyak anak-anak yang mulai meninggalkan permainan tradisional dan mulai sering bermain playstation atau game online yang lebih canggih di banding permainan enggrang ataupun conklak.

Masyarakat indonesia saat ini lebih tertarik terhadap media elektronik dalam mengirim surat, masyarakat indonesia lebih memilih mengirim kabar melalui email dari pada mengirim surat lewat kantor pos. Hal ini di pengaruhi oleh perkembangan informasi yang di anggap lebih mempermudah pekerjaan yang ada. Semua yang terjadi di dunia ini ada kelebihan dan kekurangannya, kelebihannya masyarakat lebih praktis untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, namun kekurangannya ialah masyarakat akan melupakan tradisi nenek moyangnya yang mana telah mengantarkan masyarakat indonesia hingga berkembang seperti ini. Terlebih lagi perkembangan teknologi informasi dapat menjadi bumerang untuk masyarakat indonesia, pengklaiman harta-harta kebudayaan indonesia terjadi akibat perkembangan teknologi yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2012 Reality BreakerTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.