Web & Perilaku Pengguna (Interaksi Manusia & Komputer)

Anggota Kelompok :
Fadli H.A
M.Fadli
Nicholas Bima N.P
Singgih Prima D.
Taufik H.

2IA16


1. Web dan Perilaku pengguna / IMK

    A. Perilaku Navigasi
pada suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan “reviewed by S.P.D”. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.

      Permasalah dalam kaitan dengan:
- Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran pada situs.
- Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.

Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
- Tabel Index (Peta Lokasi)
- Index
- Navigasi

- Fasilitas Pencarian (Search) 

B. Perilaku Pencarian

Fitur pencarian internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.

dalam kasus seperti diatas kita ingin membandingkan 2 situs jual beli online dimana kita liat dari navigasi dan pencarian yang terdapat didalam situs web tersebut.



gambar 1.
                                                              
gambar 2. 

gambar diatas adalah situs jual beli online yang sangat digandrungi bagi konsumen online. pada gambar 1. dilihat navigasi bagian header(atas) terdapat kata pencarian (disini biasa pengunjung ingin mencari suatu barang yang ingin dia beli), lalu ada semua provinsi (pada tombol menu ini bisa kita mencari suatu produk yang diposting oleh penjual diberbagai daerah di indonesia), semua categori (berisikan categori produk apa saja yang ingin dicari oleh pengunjung), dibagian paling atasnya terdapat log in, daftar dan pasang iklan (untuk bagi para pengunjung yang akan menjadi member situs tersebut dan ingin memasangkan suatu iklannya).

gambar 2. tentunya berbeda dengan gambar yang diatasnya. pada gambar sebelah kanan navigasinya terlihat ketika pengunjung situs tersebut ingin mencari suatu produk, pengunjung diharuskan memelih daerah-daerah yang tercantum dibagaian depannya. misalnya ingin memilih daerah aceh, bali, dki jakarta dan lain-lain. dan dibagian pojok atas bisa memasangkan suatu iklan yang kita inginkan.

dan tentunya dibagian footer suatu situs jual beli online terdapat tentang situs tersebut , contact us , FAQ , privacy policy, bantuan, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang. kesaamaan dari kedua gambar situs jual beli online terdapat gambar indonesia yang menjadikan situs jual beli tersebut hanya mengiklankan produk dalam negeri. 


- Web dan Perilaku sosial

A. Web merefleksikan perilaku sosial
       
web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seseorang, contohnya seseorang yang sering mengakses situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada counter ataupun discount - discount yang ada. 

B. Web mempengaruhi perilaku sosial

web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak yang dimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif, dampak positifnya adalah :
1. lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
2. dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
3. mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan

dampak negatif :
1. munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
2. adanya plagiatisme
3. munculnya pencurian/hack
4. munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
5. bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri


2. Ekonomi Web

Iklan

Iklan didefinisikan sebagai ”Pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat media”. Pada dasarnya, satu-satunya tujuan periklanan adalah menjual suatu produk, jasa atau ide atau tujuan sebenarnya adalah komunikasi yang efektif, yakni dimana efek akhir periklanan adalah mengubah sikap atau perilaku penerima pesan.
    
Dalam periklanan, pesan yang disampaikan secara cepat kepada konsumen atau khalayak yang luas dan tersebar, dimana pesan yang disampaikan melalui media elektronik (radio, TV) dan media cetak (surat kabar, majalah), karena media faktanya muncul untuk meyakinkan tingkah laku, nilai dan maksud pengirim adalah kepentingan lebih besar dari pada penerima. Dalam komunikasi massa, komunikasi yang terjadi adalah satu arah, dalam hal ini dari produsen ke konsumen. Produsen atau pengiklan seringkali merubah paradigma lama dan menepatkan calon konsumen kedalam subjek, bukan objek, padahal sebenarnya iklan di buat untuk kepentingan produsen, namun seolah-olah dibalik bahwa iklan itu dibuat untuk kepentingan konsumen.
     
Iklan sebaiknya dirancang untuk mencapai sasaran spesifik dari perusahaan, walaupun tujuan akhir dari program periklanan adalah untuk mendorong terjadi keputusan pembelian oleh konsumen. Sasaran periklanan  bisa  ditentukan berdasarkan klarifikasi apakah tujuan periklanan bermaksud menginformasikan, membujuk atau mengingatkan saja.    

Iklan informatif.  Ini berarti perusahaan harus merancang iklan sedemikian rupa agar hal-hal penting mengenai produk bisa disampaikan dalam pesan iklan. Iklan yang menonjolkan aspek manfaat produk biasanya dikategorikan sebagai iklan yang bersifat informatif.

Iklan membujuk. Periklanan ini biasanya membujuk konsumen dan berperan penting bagi perusahaan dengan tingkat persaingan tinggi. Dimana Perusahaan mencoba menyakinkan konsumen bahwa merek yang ditawarkan adalah pilihan yang tepat. Iklan yang membujuk  biasanya dituangkan dalam pesan-pesan iklan perbandingan. Perusahaan berusaha membandingkan kelebihan produk yang ditawarkan dengan produk lain yang sejenis.
Iklan mengingatkan. Biasanya iklan mengingat digunakan untuk mengingatkan produk-produk yang sudah mapan. Banyak produk-produk yang dulu mapan dan menguasai pasar kini hilang karena tidak adanya iklan yang bersifat mengingatkan.

Penjualan Online

Penjualan Online adalah segala kegiatan (bisnis/urusan/kepentingan) yang menggunakan fasilitas internet untuk mencapai tujuan (keuntungan/profit)

Menurut situs wikipedia.org, Bisnis online dikenal dan digambarkan sebagai Perdagangan elektronik.
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis

Kekurangan dan kelebihan penjualan online

Kelebihan Jual beli Online diantaranya adalah dibawah ini :

- Stok barang secukupnya/seadanya yang dijual.
- Penjualan tak terbatas mendunia.
- Bisnis bisa diawali dengan modal kecil.
- Produk dapat dilihat Full time 24 jam kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun.
- Hemat waktu karena trsansaksi bisa dalam rumah.
- Bisa menjual dengan lebih murah karena tidak ada biaya tambahan (gaji, sewa toko)
- Fasilitas sederhana tapi melengkapi.
- Tidak perlu gaji karyawan dan sewa toko.
hemat biaya.
- Efisien.

Kekurangan Jual beli online adalah beberapa seperti dibawah ini :

- Pembeli hanya bisa lihat produk lewat gambar/video.
- Kadang  pembeli merasa kecewa karena barang tidak seperti yang diinginkan (warna/kualitas berbeda)
- Bahaya penipuan pada pembeli karena barang sudah dibeli tapi tak sampai tujuan.
- Kondisi barang yg rusak sampai tujuan karena kesalahan pihak kurir.
- Membutuhkan waktu untuk mengirim.


Tips untuk menjalankan penjualan online

1)Berikan informasi mendetail tentang produk yang anda jual sedetail mungkin
2)Tampilkan beberapa Foto Produk dari berbagai sudut yang dapat anda ambil & lakukan secara professional
3)Deskripsi produk harus yang menyentuh perasaan konsumen untuk ingin memiliki produk tersebut 
4)Biarkan konsumen anda saling menjual satu sama lain. Inilah kekuatan memiliki Website anda sendiri
5)Lakukan Cross Selling, maksudnya tawarkan produk yg berkatian dengan produk yg di beli konsumen anda 
6)Lakukan Promosi Diskon hanya hari ini untuk produk tertentu dgn waktu & Jumlah Terbatas


Sumber :
http://tukang-buat-blog.blogspot.com/2013/03/kebijakan-konten-dan-perilaku-pengguna.html
http://aisyahasmoro.blogspot.com/2013/06/web-dan-perilaku-pengguna-imk-web-dan.html
http://wahyudittia.wordpress.com/2013/01/19/tulisan-3-dampak-teknologi-informasi-dan-komunikasi-terhadap-perilaku-sosial-masyarakat/
http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-iklan-definisi-adalah.html
http://www.webstoreid.com/blog/details/tips-meningkatkan-penjualan-Toko-Online/
http://www.membuat.info/2012/12/kelebihan-dan-kekurangan-jual-beli.html

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2012 Reality BreakerTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.